Pengertian, Pengaturan dan cara kerja fitur Saldo

Pengertian, Pengaturan dan cara kerja fitur Saldo

I. Pengertian

Fitur Saldo dapat digunakan untuk membantu pemilik aplikasi dalam mengatur pendataan pengeluaran maupun pemasukan pada setiap transaksi pembeli, driver maupun mitra.

Perlu diingat bahwa fitur saldo ini hanya peratara dan pembukuan uang secara digital pada aplikasi dimana sebagai pemilik aplikasi punya uang kas sendiri dan diatur sebagaimana agar cocok dengan pemasukan maupun pengeluaran di aplikasi


II. Pengaturan

A. Mengatur minimal order dan Komisi Driver dan Mitra

1. Mengatur minimal order atau berjualan bisa ke Appku > Saldo > Pengaturan > Driver/Mitra Saldo Minimal

2. Mengatur komisi saldo dari setiap pejualan yang berhasil dan juga pengiriman barang bisa ke Appku > Saldo > Pengaturan > Driver komisi ke Admin (%) / Mitra komisi ke Admin (%)

B. Mengatur minimal dan maksimal dalam Topup dan Penarikan

Untuk mengatur minimal dan maksimal Topup dan Penarikan bisa ke Appku > Saldo > Pengaturan > Minimal/Maksimal topup/penarikan

C. Cara melakukan Topup ke pengguna

 


III. Cara Kerja

A. Minimal/Maksimal topup saldo

  • Minimal topup saldo ini jika diisi jumlah tertentu (contoh Rp.10.000) maka pengguna kita untuk melakukan topup saldo minimal harus diatas jumlah yang sudah ditentukan (contoh: Rp. 11.000 keatas)
  • Maksimal topup saldo untuk menentukan jumalh tertinggi pengguna boleh request topup saldo (untuk saat ini pengaturan maksimal tidak bisa lebih dari 1jt dalam topup saldo)

B. Minimal/Maksimal penarikan saldo

  • Minimal penarikan saldo ini jika diisi jumlah tertentu (contoh Rp.10.000) maka pengguna kita untuk melakukan penarikan saldo minimal harus diatas jumlah yang sudah ditentukan (contoh: Rp. 11.000 keatas)
  • Maksimal penarikan saldo untuk menentukan jumalh tertinggi pengguna boleh request penarikan saldo

C. Saldo minimal terima pesanan dan komisi untuk Admin (DRIVER)

  • Dengan kita sebagai pemilik aplikasi mengisi jumlah minimal saldo dan jika saldo driver dibawah dari minimal saldo yang sudah kita tentukan maka driver tersebut tidak akan mendapatkan pesanan apapun sampai saldo driver lebih dari minimal saldo yang sudah ditentukan.
  • Untuk komisi ke Admin (%) ini ketika driver telah menyelesaikan suatu order (Contoh total order Rp. 100.000) maka total dari order yang berhasil akan di potong untuk admin berdasarkan komisi yang sudah ditentukan (dalam % Contoh 10% = komisi ke admin adalah Rp. 10.000)

D. Saldo minimal bisa berjualan dan komisi untuk Admin (MITRA)

  • Dengan kita sebagai pemilik aplikasi mengisi jumlah minimal saldo dan jika saldo mitra dibawah dari minimal saldo yang sudah kita tentukan maka mitra tersebut tidak bisa membuat produk atau menjual produk apapun sampai saldo mitra lebih dari minimal saldo yang sudah ditentukan.
  • Untuk komisi ke Admin (%) ini ketika mitra telah menyelesaikan suatu order (Contoh total order Rp. 100.000) maka total dari order yang berhasil akan di potong untuk admin berdasarkan komisi yang sudah ditentukan (dalam % Contoh 10% = komisi ke admin adalah Rp. 10.000)

IV. Alur Penggunaan Saldo

Gambar 1.
Driver/Mitra melakukan topup


Gambar 2.
Driver/Mitra kirim bukti transfer


Gambar 3.
Pemilik aplikasi mengkonfirmasi request saldo


Gambar 4.
Driver/Mitra menerima saldo sesuai request


Gambar 5.
Driver/Mitra mendapatkan order


Gambar 6.
Driver/Mitra konfirmasi order telah selesai


Gambar 7.
Saldo akan dipotong secara otomatis ke admin sebagai komisi admin

Jagel.idJagel.id
Artikel Terkait
Panduan Driver Menggunakan Tipe Driver...
February 3, 2021
Panduan Driver Menggunakan Tipe Driver...
Penjelasan Fitur Diskon dan Contoh...
February 4, 2021
Penjelasan Fitur Diskon dan Contoh...
Ketentuan Baru Ijin Lokasi Pada play Store (Khusus Transport...
December 21, 2020
Ketentuan Baru Ijin Lokasi Pada play Store (Khusus Transport...