Pengertian Android & Biaya Buat Aplikasi Android

Pengertian Android & Biaya Buat Aplikasi Android

Kalau kamu ingin membuat aplikasi android, tentunya kamu harus tau apasih android itu, serta versi-versinya. Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai android, sampai biaya pembuatan nya. Yuk langsung aja simak penjelasan dibawah ini.

 

Apa itu Android ?

Android adalah Operating system (OS) yang umum digunakan pada mobile device seperti Smartphone dan PC/Tablet. Operating system (OS) ini awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc yang didirikan oleh Palo Alto, pada Oktober 2003, dan dikembangkan bersama Andy Rubin (biasa dikenal sebagai bapak android), bersama Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Akan tetapi pada tahun 2005, Android diakuisi oleh Google. Dan Pada tahun 2007, OS secara resmi dikembangkan oleh Open Handset Alliance, yaitu konsorsium (asosiasi) yang terdiri dari 84 perusahaan. Dan beberapa diantaranya adalah perusahaan multi-nasional ternama seperti Intel, Google, Samsung, dan Sony.

 

Apa saja sih tipe atau versi-versi android?

Sejak tahun 2009,  Google memberikan nama-nama yang unik untuk setiap versi Android nya. Nama yang diberikan berkaitan dengan makanan manis yang sesuai dengan urutan abjad, akan tetapi untuk Android yang dirilis tahun 2018 dinamai Android 10 untuk memperingati bahwa Android sudah berjalan 1 dekade. Mari kita simak urutan perkembangan Android dibawah ini .

Pada tahun 2007 muncullah HP Android pertama yang diberi nama HTC Dream yang diliris 22 Oktober 2008, inilah ponsel pertama yang dibekali sistem operasi Android.

Smartphone berbasis Android sendiri sudah semakin berkembang dan menjadi salah satu kebutuhan dimasa sekarang. Banyak sekali jenis aplikasi Android yang digunakan masyarakat dalam menjalani aktivitas bisnis, hiburan, Edukasi, dan aplikasi lainnya yang ada di dalam smartphone berbasis Android (OS).

Nah, setelah tau versi-versi Android diatas. Pasti pada penasaran kan, biaya pembuatan aplikasi android yang bisa di upload di Playstore. Let’s check it out!

 

BIAYA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID

Aplikasi berbasis web dengan aplikasi android / IOS berbeda harganya dan ini bisa dipertimbangkan sesuai kisaran dana yang kamu miliki. Range harga untuk setiap aplikasi ini berbeda-beda, tergantung aplikasi yang dikembangkan dan juga berdasarkan tingkat kompleksitas/ kelengkapan fitur nya. 

Untuk mempermudah dalam membahas biaya pembuatan aplikasi Android, kita ambil contoh pembuatan aplikasi yang sedang populer di masa sekarang, yaitu Ojek Online, kita ilustrasikan membuat aplikasi ini dengan cara yang simple. Attention! Kamu perlu menyiapkan beberapa orang (tim) yang memiliki peran berbeda dalam pembuatan aplikasi ini. Berikut penjelasannya :

  • Project Manager, peran ini dibutuhkan untuk menghandle project pembuatan aplikasi, dan biaya yang dibutuhkan untuk membayar PM (Project Manager) kisaran Rp. 7,000,000 per bulan.
  • UI/UX Designer, berperan menghandle tampilan aplikasi, biaya yang dibutuhkan untuk membayar UI/UX kisaran Rp. 4,000,000 per bulan.
  • Kamu juga membutuhkan 1-2 Software Engineer yang ahli dibidang Database, Backend, dan Front-end, fee yang dibutuhkan sekitar Rp. 5,000,000 per bulan.
  • Android Programmer yang ahli dibidang android seperti Kotlin/Java, fee menyewa Android Programmer adalah sekitar Rp. 5,000,000 per bulan.
  • Yang terakhir, kamu membutuhkan App Tester dan System Analyst, yang berperan untuk mencoba aplikasi kamu (first trial) sebelum di upload ke playstore atau sebelum di pasarkan. Peran ini juga berfungsi menganalisis pengembangan sistem, biaya yang dibutuhkan untuk membayar App tester sekitar Rp. 4,000,000 per bulan.

Dalam membuat aplikasi android juga dibutuhkan perencanaan dan proses yang memakan waktu, jika dihitung dan dijumlahkan, proses pengerjaan dapat memakan waktu 3 bulan, kira-kira biaya yang kamu butuhkan untuk membuat aplikasi android tersebut mencapai Rp. 75,000,000 dalam kurun waktu tersebut.

Biaya yang disebutkan diatas hanyalah kisaran untuk biaya produksi saja, akan tetapi jika kamu ingin melengkapi aplikasi kamu sampai ke tahap upload ke Playstore, kamu perlu menyediakan biaya lain, seperti biaya menggunakan google map API $17-200 dolar/ tahun atau sekitar Rp. 300,000 hingga Rp. 3,000,000.  Biaya upload ke google play store $25 dolar atau sekitar Rp. 400,000. Domain $20 dolar/ tahun atau sekitar Rp. 300,000. Server aplikasi berkisaran Rp. 500, 000 hingga Rp. 5, 000,000 per bulan, jadi total biaya yang diperlukan sekitar Rp. 200,000,000.

Wow fantastic ya biaya untuk pembuatan 1 aplikasi android. Tapi tenang guys, sekarang banyak sekali jasa bahkan platform yang bisa membantu kamu membuat aplikasi Android dengan harga terjangkau. Salah Satunya adalah Jagel, kamu bisa dengan mudah membuat aplikasi Android yang kamu inginkan secara gratis (s&k berlaku), Jagel sendiri juga menyediakan paket langganan mulai dari 100k perbulan untuk aplikasi Android kamu. Gimana? Yakin gak tertarik?.

*Note minimal OS Android kamu adalah Android Versi KitKat (OS 4.4)

Jagel.id
Artikel Terkait
Cara Membagikan Aplikasi yang sudah Dibuat...
Cara Membagikan Aplikasi yang sudah Dibuat...
PPKM di Perpanjang! Bisnis harus go Online...
PPKM di Perpanjang! Bisnis harus go Online...
Customer Service jagel
Logo Jagel.id. Aplikasi untuk membuat aplikasi android sendiri

twitter jagelfacebook jagelig jagelyoutube jagelblog jagel
Jagel.id Dapat Anda Download Di Playstore
Layanan Kerja
Senin - Jumat, 09:00 - 17:00 WIB
Jl. Candisari No. 4 Surabaya, 60131
Harap hubungi CS bila ingin bertemu

Jagel.id icon