Peraturan Baru Upload Aplikasi ke Playstore File aab

Peraturan Baru Upload Aplikasi ke Playstore File aab

Hai rekan Jagel, berikut akan kami jabarkan peraturan Playstore terbaru bagi rekan yang ingin melakukan proses upload dan/atau update aplikasi ke Playstore. Jadi per Agustus 2021, Google Play Console mewajibkan semua aplikasi baru yang di upload memakai format aab. Oleh karena itu akan ada 3 keadaan aplikasi yang dapat terjadi pada rekan sekalian. Silahkan dapat dicermati secara seksama dan disesuaikan tahapan yang rekan butuhkan.

Hal yang perlu rekan ketahui pula bahwa untuk istilah upload adalah bagi rekan yang pertama kali ingin memasukkan file aplikasi baru ke akun Google Console rekan, sedangkan untuk istilah update adalah bagi rekan yang sudah pernah memasukkan file aplikasi ke Google Console dan ingin memperbaharui/mengupdate file aplikasi lama.


1. Upload baru
Bagi rekan yang ingin melakukan upload baru sekarang harus menggunakan file aab dan sudah tidak bisa menggunakan file apk seperti sebelumnya.
Gambar aab4

Kunjungi link download file aplikasi anda, contoh https://s.jagel.id/tokokucantik. Lalu klik di tombol File AAB. Tunggu sampai file berhasil terdownload.


Kunjungi akun Google Console anda, ke bagian Produksi lalu ke Buat Rilis Baru


Bisa dilihat di bagian Integritas Aplikasi (pada kotak yang berwarna hitam), untuk setiap aplikasi baru sudah di anggap otomatis ikut tandatangan Google Play. Selanjutnya klik tombol Upload, lalu masukkan file aab yang sudah rekan download sebelumnya.

Selanjutnya untuk menyelesaikan proses upload aplikasi, rekan dapat cek pada blog “Upload Aplikasi ke playstore (APK ) versi baru” karena proses nya sama seperti sebelumnya.

2. Update Aplikasi yang sudah ikut tandatangan Google Play

Bagi rekan yang ingin melakukan proses update, perlu diperhatikan dulu pada bagian integritas aplikasi apakah sudah ikut tandatangan Google Play atau belum. Untuk memastikan hal ini rekan bisa ke halaman Produksi dan dilihat pada bagian Integritas aplikasi. Berikut adalah gambar bagi aplikasi yang sudah ikut tanda tangan Google Play

Nah untuk update aplikasi yang sudah ikut tandatangan Google Play, rekan bisa update aplikasi menggunakan File AAB dan tidak lagi menggunakan File APK. Untuk proses update masih sama seperti sebelumnya dan bisa di cek pada blog “Panduan Update APK versi baru”.

3. Update Aplikasi yang tidak ikut tandatangan Google Play

Selanjutnya opsi ini diperuntukkan bagi rekan yang aplikasi nya sejak awal memilih untuk tidak ikut tandatangan Google Play. Bisa dilihat pada gambar berikut, pada bagian Integritas aplikasi tertera : rilis tidak ditandatangani oleh Google Play

Bagi rekan yang memiliki aplikasi seperti ini, tidak bisa menggunakan File AAB seperti 2 opsi di atas. Untuk proses update harus menggunakan File APK. Dan tidak perlu khawatir apabila memakai file APK, karena dari Google sendiri yang memberikan peraturan seperti itu. 

Seperti yang tertera pada gambar di atas, untuk aplikasi yang telah di upload sebelum Agustus 2021, tidak ada format aplikasi yang diwajibkan. Jadi tetap bisa update aplikasi memakai file APK.

Selengkapnya mengenai peraturan Google terbaru dapat rekan akses pada link berikut :

https://android-developers.googleblog.com/2020/11/new-android-app-bundle-and-target-api.html

Apabila ada rekan yang masih mengalami kendala dalam proses upload dan/atau update ke Google Playstore silahkan dapat hubungi tim Customer Service kami melalui jalur yang tersedia.

Jagel.id
Artikel Terkait
PPKM di Perpanjang! Bisnis harus go Online...
PPKM di Perpanjang! Bisnis harus go Online...
Pengertian Android & Biaya Buat Aplikasi Android...
Pengertian Android & Biaya Buat Aplikasi Android...
PPOB (Beta)...
PPOB (Beta)...
Customer Service jagel
Logo Jagel.id. Aplikasi untuk membuat aplikasi android sendiri

twitter jagelfacebook jagelig jagelyoutube jagelblog jagel
Jagel.id Dapat Anda Download Di Playstore
Layanan Kerja
Senin - Jumat, 09:00 - 17:00 WIB
Jl. Candisari No. 4 Surabaya, 60131
Harap hubungi CS bila ingin bertemu

Jagel.id icon