Upload Aplikasi ke playstore (APK ) versi baru

Upload Aplikasi ke playstore  (APK ) versi baru

Untuk membuat akun, Anda harus membayar biaya pendaftaran satu kali sebesar $25. Anda mungkin diminta untuk memverifikasi identitas menggunakan ID yang valid guna menyelesaikan pendaftaran akun. Jika pihak Play Store tidak dapat memverifikasi identitas Anda, biaya pendaftaran tidak akan dikembalikan.

Note: dalam pembuatan akun google developer dibutuhkan kartu kredit atau bisa menggunakan kartu Jenius yang lebih mudah dalam pembuatan. Silahkan klik link dibawah ini untuk melihat cara pembuatan kartu Jenius langsung di web Jenius. Link Pembuatan Kartu Jenius

Untuk panduan Update Play Store (Beta) silahkan klik link berikut Panduan Update Aplikasi (APK) ke Play Store versi baru

Membuat aplikasi Android sendiri untuk bisnis merupakan hal yang diperlukan para UKM di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perkembangan pasar pengguna smartphone yang terus bertumbuh dengan pesatnya terutama Android. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kamu perlu memiliki aplikasi Android sendiri untuk bisnismu.

Alur pendistribusian aplikasi Android saat ini dikuasai oleh Google Play Store yang merupakan salah satu aplikasi utama di Android. Hampir semua smartphone Android memiliki aplikasi Play Store yang otomatis sudah ter-install di handphone Android. Sehingga, menaruh aplikasi Android di Play Store merupakan cara yang paling efektif untuk mendistribusikan aplikasi buatanmu.

Berikut ini adalah panduan upload aplikasi (APK) ke Play Store yang dapat kamu terapkan untuk aplikasi buatanmu menggunakan Jagel.id atau aplikasi buatanmu sendiri.

 

Syarat untuk Upload Aplikasi ke Playstore

Untuk upload aplikasi ke playstore, kamu membutuhkan akun Developer Google Play. Biaya registrasi akun Developer Google sendiri senilai 25$ (sekitar 350 ribu rupiah) yang berlaku untuk selamanya. Kamu dapat masuk ke Google Play Developer untuk mendaftar sebagai developer. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah pastikan anda telah memiliki kartu kredit berlogo mastercard atau visa, atau bisa juga menggunakan kartu debit Digibank dari bank DBS, juga kartu debit FISIK (bukan virtual) Jenius dari bank BTPN (Catatan: Khusus untuk pengguna kartu debit HARAP ISI SALDO TERLEBIH DAHULU DI DALAM REKENING DEBIT ANDA KIRA-KIRA SEBESAR $25).

Berikut rincian syarat untuk upload aplikasi ke playstore:

  • Akun Developer Google Play (biaya registrasi 25$)
  • File .apk yang sudah ada tanda tangan secara digital (APK dari Jagel.id sudah ditanda tangani)
  • Browser untuk mengakses Situs Developer Google Play
  • Gambar ikon aplikasi (ukuran 512x512 dalam piksel)
  • Gambar screenshot aplikasi (minimal 2)
  • Gambar header di Play Store (ukuran 1024x500 dalam piksel)

 

Cara Upload Aplikasi ke Play Store

Cara upload aplikasi ke Play Store memang susah-susah gampang. Susah jika kamu belum terbiasa, tapi gampang kalau kamu sudah cukup sering upload aplikasi ke playstore. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat untuk membuat aplikasi di Play Store yang ada di bagian atas, pastikan anda sudah mengikuti langkah-langkah sebelum nya untuk cara membuat akun play store. 

Masuk ke akun Google Play Developer ini. Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman Login Email. Masukkan informasi email anda.

Gambar 1
Setelah melakukan Login email langkah selanjutnya kebagian Accept Terms.


Gambar 2
Setelah itu centang terlebih dahulu pada semua bagian accept terms lalu klik CONTINUE TO PAYMENT.


Gambar 3
Setelah anda mencentang pada bagian gambar yang di kotak maka lanjut kan ke "CONTINUE TO PAYMENT"


Gambar 4
Akan muncul pop up halaman kecil yang bertuliskan Complete your purchase. Siapkan kartu pembayaran anda. Masukkan informasi kartu anda. Setelah itu jika anda menyetujui semua pembayaran lalu klik BUYSetelah itu anda akan masuk kehalaman berikut nya yaitu Complete your Account details.


Gambar 5
untuk gambar ini patut di perhatikan tanda * yaaa.


Gambar 6
Pada Halaman Developer Profile anda wajib mengisikan semua yang terkait dengan data pribadi anda dengan benar (pastikan semua kolom bertanda* telah anda isi). Apabila suudah terisi semua lanjutkan klik tombol COMPLETE REGISTRATION.


 

Gambar 7
Masuk ke halaman Dashboard Google Play Console. Tekan Create App.


Gambar 8
Harap diisi untuk App name dan Default language nya. Untuk Default language nya indonesia dan untuk App name sesuai dengan nama Aplikasi anda.


Gambar 9
Setelah itu lakukan pemilihan untuk App or Game pilih App dan untuk Free or Paid nya itu pilih Free.
 


Gambar 10
Harap di centang ya pada bagian Confirm app meets the Developer Program policies dan Accept US export laws setelah itu Create app.


Gambar 11
Setelah itu klik Create new release.


.

Gambar 12
Setelah itu klik Continue.


Gambar 13
Pada Bagian Create Production release harus melakukan upload file apk terlebih dahulu. Setelah itu pada bagian Release name secara otomatis akan terisi dengan sendirinya.


Gambar 14
Setelah itu isikan Release notes untuk catatan terbaru mengenai update an pada aplikasi anda. Apabila sudah selesai klik Review release.


Gambar 15
Setelah itu anda akan dibawa ke bagian Error tekan Show more setelah itu klik go to Dashboard.


Gambar 16
Setelah itu anda akan di arahkan ke halaman Dashboard. Nah untuk pertama klik Set privacy policy.


Gambar 17
Masuk ke halaman Content App, anda harus mengisi link kebijakan privasi milik aplikasi anda. Apabila anda masih belum mempunyai link kebijakan sendiri sementara anda bisa memakai link Privacy Policy dari jagel : https://jgjk.mobi/pcy (apabila sudah ada link kebijakan privasi milik sendiri jangan lupa untuk diganti). Setelah itu tekan Save lalu kembali ke dashboard.


Gambar 18
Setelah itu ke halaman Ads, di sini anda dapat menentukan apakah aplikasi anda berisikan iklan admob atau tidak. Apabila ada, maka pilih Yes. Sebaliknya apabila tidak ada anda dapat memilih opsi No. Apabila sudah memilih klik Save. Anda akan kembali ke halaman dashboard.


Gambar 19
Nah setelah itu klik Content ratings, masuk halaman Content rating klik Start questionnaire.


Gambar 20
Akan muncul seperti gambar di atas dan anda harus mengisikan bagian Email. Pada bagian Category sesuaikan dengan aplikasi yang anda buat. Setelah itu klik Next.


Gambar 21
Nah lanjut kebagian utility, Productivity, Communication or Other.
Disini anda akan di suruh untuk memilih Yes atau No. Untuk default pilih no.


Gambar 22 
Pada bagian Language dan Controlled Substance pilih No.


Gambar 23
Pilih no ya pada bagian Content ratings dan Miscellaneous.


Gambar 24
Pada seperti gambar di atas pilih no untuk secara default nya. Setelah itu klik Save.


Gambar 25
Setelah itu anda Klik submit.


Gambar 26
Setelah itu anda klik bagian Target audience and content lalu pilih 18 and over. Setelah itu klik next


Gambar 27
Lalu untuk Appeal to children anda pilih Yes setelah itu klik Next.


Gambar 28
Setelah itu Klik Save.


Gambar 29
Setelah itu kembali ke dashboard production setealh itu klik Edit.


Gambar 30
Lalu klik Review release.


Gambar 31
Setelah itu seperti pada gambar di atas anda harus mengisi bagian yang memiliki *. Seperti pada gambar di atas isi bagian yang di kotaki orange.


Gambar 32
Untuk Email Address wajib di isi sedangkan yang lain sperti phone number dan website merupakan optional untuk di isi


Gambar 33
Setelah itu bagian External Marketing harap di centang semua ya lalu klik Save.


Gambar 34
Setelah itu kembali ke dashboard production lalu plih Countries/regions. Lalu klik add countries/regions.


Gambar 35
Setelah itu pilih Indonesia lalu klik Add countries/regions.


Gambar 36
Setelah itu anda dapat kembali ke bagian production lalu anda klik Start rollout to Production.

Jagel.idJagel.id
Jagel.id icon