Syarat dan Ketentuan

TENTANG KAMI
SYARAT DAN KETENTUAN
KEBIJAKAN PRIVASI

Selamat datang di Jagel.id, aplikasi startup yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi Android Anda sendiri dan terhubung dengan berbagai mitra bisnis di Jagel.id.

Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk mengatur hak & kewajiban kedua belah pihak secara legal. Pengguna harap membaca dengan cermat segala syarat & ketentuan yang ada sebelum menggunakan layanan Jagel.id. Pengguna diperkenankan untuk menggunakan layanan Jagel.id jika menyetujui seluruh syarat dan ketentuan berikut.

DEFINISI

  1. Jagel.id adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi Android sendiri dan melakukan manajemen aplikasi yang dibuat di Jagel.id.
  2. Jagel.id tidak bertindak sebagai penjual produk/vendor jasa yang ada di layanan ini, namun sebagai pihak yang memfasilitasi transaksi antara penjual/vendor dan pembeli sesuai dengan sistem Jagel.id demi keamanan dan kenyamanan pihak-pihak yang menggunakan layanan Jagel.id.
  3. Pengguna adalah perseorangan maupun badan usaha yang menggunakan layanan Jagel.id untuk membuat aplikasi Android.
  4. Pembeli adalah pengguna yang melakukan pembelian produk (barang/jasa) melalui aplikasi yang dibuat oleh Penjual/Vendor di Jagel.id.
  5. Penjual adalah pengguna yang melakukan penjualan produk berupa barang melalui Jagel.id.
  6. Vendor adalah pengguna yang melakukan penjualan produk berupa jasa melalui Jagel.id.
  7. Produk adalah barang/jasa yang ditawarkan oleh penjual/vendor melalui Jagel.id.
  8. Rekening Jagel.id adalah rekening yang digunakan untuk menerima pembayaran dari Penjual/Vendor untuk dapat mengakses fitur dari Jagel.id.
  9. 1 Bulan masa berlaku paket yang dimaksudkan dalam Jagel.id adalah 30 Hari sejak mulai berlakunya paket atau terhitung sejak perpanjangan paket.
    (misalnya jika paket berakhir pada tanggal 31 Agustus dan diperpanjang, maka paket akan ditambahkan 30 hari terhitung dari tanggal 1 September yang mana perpanjangan paket berikutnya perlu dilakukan pada tanggal 30 September)
  10. Hasil apk buatan dapat di upload ke Google Play Store. Namun untuk penilaian Google Play Store terkait apk buatan yang di upload sepenuhnya menjadi hak Google Play Store dan tanggung jawab pengguna sebagai pemilik aplikasi buatan. Pihak Jagel.id tidak ikut bertanggung jawab dalam segala hasil penilaian Google Play Store karena dalam proses upload aplikasi buatan ke Google Play Store melibatkan pihak Google Play Store dan pihak pengguna sebagai pemilik aplikasi buatan.

AKUN

  1. Pengguna menyatakan akan menggunakan akun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku serta bersedia menerima konsekuensinya apabila melanggar syarat dan ketentuan.
  2. Pengguna wajib mengisi identitas pribadi dengan lengkap dan sesuai dengan informasi yang sebenar-benarnya.
  3. Jagel.id tidak akan menyalahgunakan identitas pribadi pengguna.
  4. Pengguna wajib menjaga keamanan akunnya sendiri dengan merahasiakan email dan sandi yang digunakan agar tidak disalahgunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Segala kerugian yang timbul akibat dari kelalaian pengguna menjaga kerahasiaan akun menjadi tanggung jawab pengguna.
  5. Jagel.id tidak akan pernah meminta sandi kepada pengguna.
  6. Pengguna yang mendaftar berhak untuk:
  • Membuat aplikasi Android
  • Bertindak sebagai penjual/vendor Jagel.id
  1. Pengguna yang akan bertindak sebagai penjual/vendor wajib membuat aplikasi Android terlebih dahulu sebelum mengunggah produk/jasa yang akan dijualnya.
  2. Pengguna yang akan bertindak sebagai pembeli tidak wajib membuat aplikasi Android terlebih dahulu melalui layanan Jagel.id.
  3. Jagel.id berhak mengambil tindakan yang dirasa perlu (meliputi namun tidak terbatas pada menghapus produk/jasa yang dijual, menghapus aplikasi Android, maupun menghapus akun pengguna) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna jika ada indikasi pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan maupun hukum yang ada.
  4. Untuk tindakan penghapusan aplikasi Android dan/atau akun pengguna oleh Jagel.id, apabila didapati pengguna telah mentransfer biaya berlangganan paket premium Jagel, tidak akan ada biaya pengembalian/refund atas biaya yang sudah di transfer. Biaya berlangganan yang sudah di transfer sepenuhnya menjadi hak milik Jagel.id.
  5. Jagel.id berhak untuk menolak permintaan pembuatan aplikasi ataupun website jika aplikasi atau website yang dibuat dinilai:
    • Tidak mengandung muatan informasi yang berguna bagi masyarakat.
    • Bersifat seperti media sosial, aplikasi chatting atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan fitur dari Jagel.id
    • Mengandung unsur-unsur negatif (pornografi, pembajakan, indikasi penipuan, ujaran kebencian dan lainnya)
    • Menawarkan produk dan layanan keuangan yang menipu atau berbahaya kepada pengguna tanpa ada dokumen perijinan resmi yang di wajibkan oleh negara untuk layanan keuangan ini. Termasuk dalam kategori ini adalah yang terkait dengan pengelolaan atau investasi uang dan mata uang kripto, dan pinjaman pribadi
    • Mengandung unsur produk terlarang sebagaimana dikategorikan oleh Jagel.id (lihat bagian produk terlarang)
    • Tidak patuh pada hukum yang berlaku.
    • Dapat memperburuk citra Jagel.id sebagai software pembuat aplikasi Android
    • Belum dibuat dengan baik menurut standar Jagel.id, yang meliputi:
      • Masih berbentuk template
      • Hanya ada sedikit menu
      • Dan lainnya (akan dinilai secara subjektif dari pihak Jagel.id)
  6. Aplikasi yang sudah dibuat akan ditinjau ulang selama kurang lebih 1 bulan, Jagel.id berhak menghapus aplikasi tersebut jika aplikasi tersebut dinilai kurang dimanfaatkan dengan tepat, yang meliputi:
    • Tidak ada perubahan pada aplikasi yang dibuat
    • Tidak ada pertumbuhan jumlah unduhan di aplikasi
  7. Pengguna dilarang untuk menciptakan atau menggunakan sistem yang bertujuan untuk memanipulasi sistem Jagel.id.
  8. Pengguna tidak diperbolehkan untuk memperjual belikan aplikasi yang dibuat oleh Jagel.id.
  9. Jagel.id berhak melakukan penyesuaian terhadap data penjualan (meliputi jumlah transaksi, jumlah bintang yang mewakili reputasi penjual/vendor, serta review yang ada) jika diketahui atau diduga penjual/vendor melakukan kecurangan untuk memanipulasi data penjualan, misalnya melakukan transaksi membeli produk sendiri dengan akun pribadi lainnya untuk meningkatkan reputasi penjual.
  10. Bilamana Pengguna melanggar ketentuan hukum yang berlaku, maka pihak Jagel.id berhak untuk memberikan bantuan kepada pihak berwenang terhadap Pengguna tersebut.
  11. Pengguna wajib menghargai hak-hak pengguna lainnya dengan:
    • Tidak menggunakan kata-kata yang bersifat kasar, hinaan, menyinggung SARA, fitnah, pencemaran nama baik, maupun menyudutkan pihak lain
    • Tidak melakukan upaya penipuan dalam bentuk apa pun kepada pengguna lain
    • Tidak menyebarkan informasi pribadi pengguna lain kepada pihak lain tanpa ijin dari pihak yang bersangkutan
    • Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum Indonesia maupun hukum universal yang berlaku.
  12. Per tanggal 07 Desember 2020 semua data Pesan pada Aplikasi Jagel akan kami hapus demi kelancaran server. Selanjutnya sewaktu-waktu data Pesan dapat  kami hapus (dengan catatan bahwa data Pesan telah berusia lebih dari 1 bulan).
  13. Untuk pemindahan Aplikasi antar akun Jagel dapat diterima apabila akun baru tujuan pemindahan Aplikasi tidak tercatat sedang dalam masa freetrial. Apabila akun baru tujuan pemindahan tercatat sedang dalam masa freetrial maka pihak Jagel berhak menolak request pemindahan Aplikasi. Atau apabila user yang bersangkutan bersedia untuk di nonaktif kan freetrial nya pada akun baru tujuan, maka permintaan pemindahan Aplikasi dapat diterima.

PEMBELIAN

  1. Jagel.id hanya menjadi fasilitator untuk membantu Penjual/Vendor membuat aplikasi android.
  2. Pembeli yang melakukan transaksi dengan Penjual/Vendor, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Penjual/Vendor yang bersangkutan
  3. Pembeli wajib membaca, memahami, dan setuju dengan informasi barang/jasa dan deskripsi barang/jasa sebelum memutuskan melakukan pembelian. Segala kerugian yang timbul akibat kelalaian pembeli dalam memahami deskripsi barang/jasa merupakan tanggung jawab pembeli.
  4. Pembeli wajib memahami bahwa warna produk dapat sedikit berbeda dari warna yang dilihat karena warna produk yang tampil di layanan Jagel.id dipengaruhi oleh layar/monitor masing-masing perangkat yang digunakan pembeli.
  5. Pembeli wajib memahami bahwa kesediaan stok produk tergantung masing-masing penjual dan bukan merupakan tanggung jawab Jagel.id. Apabila stok produk kosong maka penjual akan menolak pesanan dan pembayaran akan dikembalikan secara penuh kepada pembeli.
  6. Segala bentuk transaksi pribadi yang dilakukan antara penjual dan pembeli tanpa melalui rekening Jagel.id (tanpa pengantara) merupakan tanggung jawab dari masing-masing pihak terkait. Jagel.id tidak bertanggung jawab jika ada kerugian yang ditimbulkan oleh transaksi yang tidak melalui rekening Jagel.id.
  7. Untuk pembayaran dengan pengantara Jagel.id, pembayaran wajib dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam ke rekening resmi Jagel.id setelah proses check out untuk pembelian barang. Pembelian wajib dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam setelah pemesanan jasa diterima oleh vendor untuk pembelian jasa.
  8. Pembayaran dengan rekening Jagel.id sebagai pengantara wajib transfer sesuai dengan nominal yang akan keluar setelah proses check out selesai meliputi harga produk, biaya ongkos kirim, dan kode unik yang berfungsi untuk sebagai kode masing-masing transaksi. Contoh: harga produk Rp 50.000, biaya ongkos kirim Rp 5.000, kode unik Rp 132 maka jumlah yang akan muncul untuk dibayarkan adalah Rp 55.132 agar dapat dilacak oleh sistem kami.
  9. Kode unik transfer yang tercantum adalah untuk mempermudah sistem kami dalam melakukan pengecekan transaksi dana. Pastikan kode unik yang di transfer sesuai dengan yang tertera di Invoice untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Jika Keberatan, Pengguna berhak untuk mengabaikan kode unik dan hanya membayar nilai pokok. Bilamana pengguna hanya membayarkan nilai pokok, pembayaran yang dilakukan harus dilakukan konfirmasi manual ke customer service kami dan kemungkinan proses otorisasi Pembayaran juga lebih lama atau terhambat dikarenakan banyaknya transaksi yang terjadi setiap harinya.
  10. Pembeli akan menerima nomor resi setelah pesanan berupa barang dikirim oleh penjual dan nomor resi sudah diinput oleh penjual ke Jagel.id.
  11. Jika pembeli belum menerima nomor resi dalam waktu 3 hari setelah pembayaran maka pesanan dianggap dibatalkan oleh penjual dan dana akan dikembalikan sepenuhnya pada pembeli.
  12. Dana akan diteruskan kepada penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan pesanan atau status pesanan diubah menjadi selesai secara otomatis oleh sistem.
  13. Jagel.id akan mengganti status pesanan menjadi selesai setelah 7 hari dari penjual melakukan input nomor resi ke Jagel.id, jika tidak ada komplain apapun baik dari pihak pembeli maupun penjual.
  14. Jika ada permasalahan transaksi yang belum terselesaikan karena penjual dan pembeli belum mencapai kesepakatan solusi, maka Jagel.id memilik i wewenang sepenuhnya untuk membuat keputusan dengan melihat bukti-bukti yang ada dan kedua belah pihak wajib tunduk sepenuhnya pada keputusan Jagel.id.

PENJUALAN

  1. Penjual/vendor wajib memberikan keterangan selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya mengenai produk yang dijual, baik berupa barang maupun jasa. Jagel.id berhak menahan/membatalkan dana untuk diteruskan kepada penjual/vendor jika terbukti penjual/vendor tidak memberikan informasi yang sebenarnya mengenai produk/jasa yang dijual.
  2. Penjual/vendor dilarang melakukan manipulasi harga produk yang diunggah di dalam aplikasi yang dibuat di Jagel.id.
  3. Penjual wajib melakukan konfirmasi penerimaan pesanan dalam waktu 2 hari sejak pesanan dibuat. Jika dalam 2 hari penjual belum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan, maka pesanan akan otomatis dianggap ditolak oleh penjual.
  4. Penjual wajib konfirmasi dahulu pada pembeli jika stok barang tidak mencukupi pesanan dari pembeli sebelum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan. Transaksi dapat dilanjutkan jika pembeli setuju untuk tetap membeli dalam kuantitas yang ditawarkan dan kelebihan dana akan dikembalikan pada pembeli.
  5. Penjual wajib melakukan input resi maksimal 3 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/Hari Libur Nasional) setelah menerima pesanan. Jika nomor resi belum diinput dalam 3 hari kerja maka pesanan otomatis akan dibatalkan.
  6. Penjual wajib memasukkan nomor resi yang sebenarnya dan dilarang memanipulasi nomor resi. Satu nomor resi hanya berlaku untuk satu transaksi. Jagel.id berhak menahan /membatalkan dana untuk diteruskan kepada penjual jika terbukti penjual tidak memberikan nomor resi yang sesuai atau melakukan kecurangan  dalam hal pengiriman barang.
  7. Penjual dilarang meneruskan pengiriman barang pada transaksi yang telah dibatalkan karena melampaui batas waktu yang ditetapkan. Segala kerugian yang timbul akibat penjual mengirimkan barang yang telah dibatalkan transaksinya merupakan tanggung jawab penjual.
  8. Penjual diijinkan untuk mengganti jasa pengiriman dari jasa pengiriman yang disepakati di awal dengan syarat biaya jasa pengiriman pengganti harus lebih rendah dari jasa pengiriman yang disepakati di awal. Kelebihan ongkos kirim akan dikembalikan pada pembeli.
  9. Jika terdapat selisih ongkos kirim antara biaya di sistem dan di jasa pengiriman yang bersangkutan, penjual dapat meneruskan transaksi dengan memahami bahwa tidak akan ada penggantian selisih ongkos kirim atau penjual dapat melakukan komplain ke pihak Jagel.id/jasa pengiriman yang bersangkutan untuk penelusuran lebih lanjut.
  10. Jagel.id memiliki wewenang untuk menahan dana hasil penjualan jika ada komplain mengenai  transaksi dari pihak pembeli (meliputi namun tidak terbatas pada barang/jasa tidak diterima, nomor resi tidak dapat dilacak, kualitas produk) sampai ada solusi permasalahan untuk transaksi tersebut atau ada konfirmasi dari pembeli bahwa transaksi telah dianggap selesai.
  11. Penjual/vendor dilarang menjual barang-barang terlarang, yang akan dijabarkan lebih lanjut pada poin selanjutnya.

PRODUK TERLARANG

  1. Obat-obatan maupun zat yang dilarang/dibatasi peredarannya oleh hukum di Indonesia (meliputi namun tidak terbatas pada Narkotika, obat keras, obat yang tidak terdaftar di BPOM, obat yang memerlukan resep dokter, dan obat bius).
  2. Kosmetik dan makanan yang tidak terdaftar di BPOM atau berpotensi membahayakan penggunanya.
  3. Bahan yang termasuk kategori Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan.
  4. Senjata api dan kelengkapannya, airsoft gun dan kelengkapannya, senjata tajam dan kelengkapannya, replika senjata, maupun jenis senjata lainnya.
  5. Kategori produk tertentu yang wajib memiliki SNI, petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia, atau label dalam Bahasa Indonesia sementara produk yang ingin dijual tidak memenuhi standar tersebut.
  6. Segala bentuk tulisan yang  dapat berpengaruh negatif bagi Jagel.id.
  7. Barang-barang yang kepemilikannya atau peredarannya dilarang oleh hukum yang berlaku di Indonesia.
  8. Media rekam dalam bentuk apa pun (CD/VCD/DVD/lainnya) yang melanggar Undang-Undang Hak Cipta. Contohnya yang merupakan CD/VCD/DVD bajakan.
  9. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  10. Seragam atau atribut pemerintahan.
  11. Seragam atau atribut kepolisian.
  12. Barang/rekaman dengan konten yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban, dan stabilitas nasional.
  13. Bagian/organ manusia.
  14. Mailing list dan informasi pribadi.
  15. Barang-barang yang menyudutkan pihak/ras tertentu atau merendahkan martabat orang lain.
  16. Barang yang mudah meledak/terbakar.
  17. Barang-barang yang berkaitan dengan pornografi dan aktivitas seksual, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diijinkan untuk diperjualbelikan menurut aturan hukum.
  18. Minuman beralkohol.
  19. Barang curian.
  20. Barang yang diklaim memiliki kekuatan gaib/mistis.
  21. Barang-barang yang mendukung aktivitas pencurian/tindak kejahatan lainnya.
  22. Barang-barang yang mendukung aktivitas pelanggaran hukum di Indonesia.
  23. Barang-barang dari Black Market.
  24. Barang-barang tiruan/palsu/KW dari merk terdaftar.
  25. Pakaian dalam bekas.
  26. Hewan/binatang peliharaan.
  27. Uang tunai dan materai.
  28. Dokumen-dokumen resmi seperti sertifikat, ijazah, surat dokter, kwitansi, dan sebagainya.
  29. Segala jenis barang yang melanggar ketentuan pengiriman barang di Indonesia.
  30. Segala jenis barang yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.
  31. Jasa yang berkaitan dengan tindakan yang dilarang secara hukum di Indonesia. Contohnya: prostitusi, aborsi, pembunuh bayaran, dan lain-lain.
  32. Jasa yang merugikan atau mengganggu privasi orang lain/golongan tertentu. Contohnya: buzzer untuk hate speech, pembuat konten hoax, mata-mata, dan lain-lain.
  33. Jasa yang berkaitan dengan ilmu mistis.

DANA

  1. Dana pembelian wajib ditransfer ke rekening resmi Jagel.id, jika belum menjadi member tetap agar transaksi dapat diproses. Rekening di luar BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.
  2. Apabila transaksi pembelian dibatalkan oleh penjual, dana pembelian akan dikembalikan ke saldo di akun Jagel.id pembeli yang dapat pembeli tarik sewaktu-waktu. Proses pencairan dana akan diproses di hari kerja dan apabila setelah 5 hari kerja dana belum cair maka disarankan untuk menghubungi customer service Jagel.id. Rekening di luar BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.
  3. Dana hasil transaksi penjualan akan diteruskan kepada penjual setelah transaksi selesai. Dana akan masuk ke saldo di akun Jagel.id penjual yang dapat penjual tarik sewaktu-waktu. Proses pencairan dana akan diproses di hari kerja dan apabila setelah 5 hari kerja dana belum cair maka disarankan untuk menghubungi customer service Jagel.id. Rekening di luar BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.

Tanggal terakhir diperbaharui: 03 Februari 2021